Rabu, 08 Agustus 2012

Konsep Strategi Belajar Mengajar

"Kita Belajar berdasarkan 10% dari apa yang kita baca, 20% dari apaa yang kita dengar, 30% dari apa yang kita lihat, 50% dari apa yang kita lihat dan dengar, 70% dari apa yang kita lakukan, dan 90% dari apa yang kita katakan dan lakukan."
(Vernon A. Magnesen)


Secara Bahasa Strategi bisa diartikan sebagai 'Siasat, Kiat, atau Cara'. sedang secara umum strategi adalah suatu garis besar haluan dalam bertindak untuk mencapai tujuan yang telah ditentuukan.

Adapun strategi belajar mengajar dapat diartikan sebagai pola umum kegiatan guru-murid dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah digariskan atau dengan kata lain strategi belajar mengajar merupakan sejumlah langkah yang direkayasa sedemikian rupa untuk mencapai tujuan pengajaran tertentu.

Menurut Mansur (1991) batasan belajar mengajar yang bersifat umum mempunyai empat dasar strategi, yakni :

    Mengidentifikasi serta menetapkan tingkah laku dan keperibadian anak didik sebagaimana yag diharapkan sesuai tuntutan dan perubahan zaman.
    mempertimbangkan dan memilih sistem belajar mengajar yang tepat untuk mencapai sasaran yang akurat.
    memilih dan menetapkan prosedur, metode dan teknik belajar mengajar yang dianggap paling tepat dan efektif sehingga dapat dijadikan pegangan guru dalam menuaikan kegiatan belajar.
    Menetapkan Norma-norma dan batas minimal keberhasilan atau kriteria serta standar keberhasilan sehingga dapat dijadikan pedoman oleh guru dalam melakukan evaluasi hasil belajar mengajar yang selanjutnya akan dijadikan umpan balik untuk menyempurnakan sistem instruksional yang bersangkutan secara keseluruhan...

Dari ke 4 uraian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa strategi belajar mengajar pada dasarnya memiliki implikasi sebagai berikut :

    Proses mengenal karakteristik dasar anak didik yang harus dicapai mealui pembelajaran.
    memiliki sistem pendekatan belajar mengajar berdasarkan kultur, aspirasi dan pandangan filosofis masyarakat.
    memilih dan menetapkan prosedur, metode dan teknik mengajar.
    menetapkan norma-norma atau kriteria-kriteria keberhasilan belajar.

"Prof. Pupuh Fathurohman dan M. Sobry Sutikno, M.Pd, dalam Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum Dan Konsep Islami"





" TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA, JANGAN LUPA KOMENTARNYA SUPAYA BLOG INI DAPAT BERKEMBANG"
 "BILA DALAM BLOG KAMI ADA DATA SUMBER YANG SAYA TULIS SALAH DAN ARTIKEL-ARTIKEL TERDAPAT KATA-KATA YANG KURANG MENGENAKAN KAMI MOHON MAAF"
 "BILA INGIN MENDAPAT PENGHASILAN TAMBAHAN BLOG ANDA KLIK DI BAWAH INI"
Adsense Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar